Fungsi VGA Card Pada Komputer

Dalam bahasa sederhana Video Graphic Adapter Card mempunyai fungsi mengubah sinyal digital dri komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor atau Kartu VGA untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. Kartu grafis yang dikenal juga sebagai kartu video ini merupakan  bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer dan bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan sebagaimana penjelasan di atas.

Pertimbangan membeli video card.
  1. External VGA Card adalah VGA yang dipasang pada slot tambahan di dalam komputer seperti slot AGP pada komputer dulu dan sekarang slot PCI Express. Menggunakan Kartu Eksternal seperti ini akan membantu kinerja komputer anda terutama dalam memainkan atau render deisgn atau game-game yang berat seperti PB, atau Counter Strike dan lain-lain. Kenapa bisa begitu, karena model eksternal ini mempunyai memori tersendiri yang menunjukkan kapasitas suatu vga.
  2. Onboard VGA. Kartu grafis yang menempel pada motherboard ini harus bekerja sangat keras untuk membuat gambar ke layar. Tidak seperti file teks, gambar grafis adalah file yang jauh lebih besar terdiri dari jumlah besar data yang harus diproses oleh kartu grafis atau video. Kartu grafis yang lebih cepat memiliki chip memori sendiri untuk melakukan fungsi ini agar tidak mengambil pada random access memory sistem (RAM).
Keuntungan yang sangat jelas dari penggunaan Eksternal VGA ini apabila mengalami rusak, maka kita tinggal ganti dengan yang baru, akan tetapi lain halnya dengan onboard  vga apabila mengalami kerusakan maka kemungkinan besar motherboarnya pun ikut rusak, jadinya kita harus ganti Mobo.

0 comments:

Posting Komentar